This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Minggu, 21 Oktober 2012

NEW MEDIA

DEFINISI NEW MEDIA

Media menurut bahasa berarti perantara. pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena saat ini internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan bisa di akses melalui ponsel(yang mendukung untuk internet).
New media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD  [http://nempoatuh.wordpress.com, 2010].
Media baru adalah istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. media Baru menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. Apa yang membedakan media baru dari media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit, kecuali kehidupan dinamis dari konten baru “media” dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas dan berdenyut mengalir dengan kegembiraan secara real time. Lain janji penting dari New Media adalah “demokratisasi” dari penciptaan, penerbitan, distribusi dan konsumsi isi media. Globalisasi juga berhubungan dengan New media.

Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Hal ini memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, situs web, gambar, dan user-generated media lainnya.
Terbang (2002) menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi media baru, globalisasi terjadi. Globalisasi umumnya dinyatakan sebagai “lebih dari perluasan kegiatan di luar batas-batas negara bangsa tertentu”. Globalisasi lebih pendek jarak antara orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik (Carely 1992 di Flew 2002) dan Cairncross (1998) mengungkapkan perkembangan yang besar sebagai kematian “dari” jarak jauh. media baru “radikal memecahkan hubungan antara fisik dan tempat tempat sosial, membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial kita” (Croteau dan Hoynes 2.003: 311).
Namun, perubahan dalam lingkungan media baru menciptakan serangkaian ketegangan dalam konsep “ruang publik”.


PARADIGMA / PANDANGAN NEW MEDIA

            Menurut pandangan saya, new media merupakan salah satu inovasi baru yang diciptakan  pada era ini. New Media sangat dekat dengan pengertian alat digital digunakan untuk mempermudah interaksi social, mencari informasi dan sebagainya. Penggunaan New Media ini juga memiliki sisi negative. Tidak sedikit digunakan untuk melakukan hal – hal yang tidak pantas, seperti situs pornografi, kekerasan fisik, dan membuat pengguna menggunakan dengan berlebihan (kecanduan). Segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik, jadi dalam menggunakan New Media ini sangat dibutuhkan kebijaksanaan yang tinggi sehingga bisa menyaring mana yang baik dan yang tidak, dan harus tetap sesuai kaidah dan norma kesopan santunan dalam  menggunakan jejaring sosial tersebut.
Tanpa adanya teknologi internet kita mungkin sulit untuk berinteraksi dengan orang lain diluar wilayah jangkauan kita. Sehingga teknologi ini sperti ini membentuk perubahan baru dengan hadirnya dunia baru yang kita kenal dengan dunia maya dimana jarak tak menjadi hambatan dalam berinteraksi. Pada jaman dahulu kita hanya mengetahui pager sebagai alat komunikasi tercanggih pada era nya. Namun seiring berjalannya waktu dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, akhirnya manusia menciptakan media baru yaitu handphone, dimana dalam handphone ini kita tidak hanya bisa membaca pesan teks saja melainkan kita dapat berkomunikasi langsung dengan orang yang kita hubungi. Dan ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat perkembangan teknologi, semakin cepat dan banyak pula informasi yang kita bisa dapat dengan mudah.


MANFAAT NEW MEDIA
        New Media sangatlah bermanfaat bagi hidup kita. Melalui new media, kita bisa mendapatkan banyak informasi. New media tidak mengenal jarak user yang satu dengan user yang lainnya, dalam pengrtian bahwa New Media dapat mendekatkan orang yang saling berjauhan melalui informasi yang mereka lontarkan melalui jejaring sosial dan sebagainya. Dapat membantu kita dalam berkomunikasi dengan cepat.
Berikut ini adalah beberapa manfaatdari new media:
·      Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
·      Mencari berbagai informasi
Salah satu contoh sederhana yaitu blog atau website dimana terdiri dari beberapa artikel yang dapat berguna, misalnya bagi pelajar.
·      Keep in toucH
Dengan salah satu New Media misalnya Facebook, setiap orang tetap dapat menjaga hubungan dengan saudara atau teman atau kerabat dan sebagainya meski tidak berada di satu tempat, bahkan bertatap muka dengan video conference.
·      Media entertainment
New Media juga dapat digunakan sebagai media penghibur misalnya denganadanya games online, jejaring social, streaming video dan lain-lain.
·      Membantu transaksi jual beli
Tidak sedikit saat ini ditemukan website – website yang berhubungan dengan dunia perdagangan (jual-beli). Dalam dunia perekonomian, new media dapat menjadi alat yang sangat membantu pemasaran.
·      Pendidikan
Manfaat dalam dunia pendidikan yaitu kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
·       Kesehatan
Meski tidak banyak namun  new media juga bermanfaat dalam bidang kesehatan. Informasi-informasi mengenai bahan-bahan alami, obat-obatan dan sebagainya dapat mengunjungi beberapa website yang menjelaskan mengenai berbagai jenis obat tradisional.
·       Mata Pencarian
Kegunaan New Media lainnya yaitu sebagai penunjuk dalam mencari pekerjaan.  Di zaman globalisasi ini, hampir semua perusahaan mempunyai website sendiri, sehingga mempermudah mereka dalam mencari kerja (tidak perlu mencari dikoran).
·  Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop.
·  Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.

· Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.



KOMPONEN NEW MEDIA

            Komponen dalam new media terdiri dari tiga buah, yaitu:
·       Produsen
Yaitu sebagai pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat   New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.
·       Distributor
Yaitu sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen.
·       Konsumen
Yaitu sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak.

Contohnya:
Handphone, komputer, internet,  portable media player, video game/ game komputer, virtual reality.


APLIKASI NEW MEDIA
·   Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
·  CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
·  Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
·   Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
·    Blog, merupakan suatu aplikasi web yang berisikan tulisan-tulisan yang di publish pada sebuah halaman umum. Biasanya blog berisikan konten-konten seperti teks, gambar, video, ataupun link. Isi dari blog itu sendiri biasanya memiliki sudut pandang tertentu yang menjadikan isi blog khas.
·  BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).



SUMBER:

http://theunitedreds.blogspot.com/2012/10/referensi-new-media.html