DEFINISI NEW MEDIA
Media menurut
bahasa berarti perantara. pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu
yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima
informasi. Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang
menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi
perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media
untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena saat ini
internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan bisa di
akses melalui ponsel(yang mendukung untuk internet).
New media secara
bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul
di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan
berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New
Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi,
melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa
contoh diantaranya mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan
komputer, CD-ROM, dan DVD [http://nempoatuh.wordpress.com,
2010].
Media baru adalah istilah yang
luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media
tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan
kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer
memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. media Baru
menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja,
pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif,
kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. Apa
yang membedakan media baru dari media tradisional bukan digitalisasi konten
media ke bit, kecuali kehidupan dinamis dari konten baru “media” dan hubungan
interaktif dengan konsumen media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas dan
berdenyut mengalir dengan kegembiraan secara real time. Lain janji penting dari
New Media adalah “demokratisasi” dari penciptaan, penerbitan, distribusi dan
konsumsi isi media. Globalisasi juga berhubungan dengan New media.
Munculnya media baru telah
meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Hal ini
memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, situs web, gambar,
dan user-generated media lainnya.
Terbang (2002) menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi media baru, globalisasi terjadi. Globalisasi umumnya dinyatakan sebagai “lebih dari perluasan kegiatan di luar batas-batas negara bangsa tertentu”. Globalisasi lebih pendek jarak antara orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik (Carely 1992 di Flew 2002) dan Cairncross (1998) mengungkapkan perkembangan yang besar sebagai kematian “dari” jarak jauh. media baru “radikal memecahkan hubungan antara fisik dan tempat tempat sosial, membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial kita” (Croteau dan Hoynes 2.003: 311).
Namun, perubahan dalam lingkungan media baru menciptakan serangkaian ketegangan dalam konsep “ruang publik”.
Terbang (2002) menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi media baru, globalisasi terjadi. Globalisasi umumnya dinyatakan sebagai “lebih dari perluasan kegiatan di luar batas-batas negara bangsa tertentu”. Globalisasi lebih pendek jarak antara orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik (Carely 1992 di Flew 2002) dan Cairncross (1998) mengungkapkan perkembangan yang besar sebagai kematian “dari” jarak jauh. media baru “radikal memecahkan hubungan antara fisik dan tempat tempat sosial, membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial kita” (Croteau dan Hoynes 2.003: 311).
Namun, perubahan dalam lingkungan media baru menciptakan serangkaian ketegangan dalam konsep “ruang publik”.
PARADIGMA / PANDANGAN
NEW MEDIA
Menurut
pandangan saya, new media merupakan salah satu inovasi baru yang
diciptakan pada era ini. New Media
sangat dekat dengan pengertian alat digital digunakan untuk mempermudah
interaksi social, mencari informasi dan sebagainya. Penggunaan New Media ini
juga memiliki sisi negative. Tidak sedikit digunakan untuk melakukan hal – hal
yang tidak pantas, seperti situs pornografi, kekerasan fisik, dan membuat
pengguna menggunakan dengan berlebihan (kecanduan). Segala sesuatu yang
berlebihan sangat tidak baik, jadi dalam menggunakan New Media ini sangat
dibutuhkan kebijaksanaan yang tinggi sehingga bisa menyaring mana yang baik dan
yang tidak, dan harus tetap sesuai kaidah dan
norma kesopan santunan dalam menggunakan jejaring sosial tersebut.
Tanpa adanya
teknologi internet kita mungkin sulit untuk berinteraksi dengan orang lain
diluar wilayah jangkauan kita. Sehingga teknologi ini sperti ini membentuk
perubahan baru dengan hadirnya dunia baru yang kita kenal dengan dunia maya
dimana jarak tak menjadi hambatan dalam berinteraksi. Pada jaman dahulu kita
hanya mengetahui pager sebagai alat komunikasi tercanggih pada era nya. Namun
seiring berjalannya waktu dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, akhirnya
manusia menciptakan media baru yaitu handphone, dimana dalam handphone ini kita
tidak hanya bisa membaca pesan teks saja melainkan kita dapat berkomunikasi
langsung dengan orang yang kita hubungi. Dan ini membuktikan bahwa semakin
tinggi tingkat perkembangan teknologi, semakin cepat dan banyak pula informasi
yang kita bisa dapat dengan mudah.
MANFAAT NEW MEDIA
New Media sangatlah bermanfaat bagi hidup kita. Melalui new media, kita
bisa mendapatkan banyak informasi. New media tidak
mengenal jarak user yang satu dengan user yang lainnya, dalam pengrtian bahwa
New Media dapat mendekatkan orang yang saling berjauhan melalui informasi yang
mereka lontarkan melalui jejaring sosial dan sebagainya. Dapat membantu kita
dalam berkomunikasi dengan cepat.
Berikut ini adalah beberapa manfaatdari new media:
· Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses
kapan saja dan dimana saja.
· Mencari berbagai informasi
Salah satu
contoh sederhana yaitu blog atau website dimana terdiri dari beberapa artikel
yang dapat berguna, misalnya bagi pelajar.
· Keep in toucH
Dengan salah satu New Media misalnya Facebook, setiap
orang tetap dapat menjaga hubungan dengan saudara atau teman atau kerabat dan
sebagainya meski tidak berada di satu tempat, bahkan bertatap muka dengan video
conference.
· Media entertainment
New Media
juga dapat digunakan sebagai media penghibur misalnya denganadanya games
online, jejaring social, streaming video dan lain-lain.
· Membantu transaksi jual beli
Tidak
sedikit saat ini ditemukan website – website yang berhubungan dengan dunia perdagangan
(jual-beli). Dalam dunia perekonomian, new media dapat menjadi alat yang sangat
membantu pemasaran.
· Pendidikan
Manfaat
dalam dunia pendidikan yaitu kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan
fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan
tugas atau saling tukar informasi.
· Kesehatan
Meski tidak
banyak namun new media juga bermanfaat
dalam bidang kesehatan. Informasi-informasi mengenai bahan-bahan alami,
obat-obatan dan sebagainya dapat mengunjungi beberapa website yang menjelaskan
mengenai berbagai jenis obat tradisional.
· Mata Pencarian
Kegunaan New
Media lainnya yaitu sebagai penunjuk dalam mencari pekerjaan. Di zaman globalisasi ini, hampir semua perusahaan
mempunyai website sendiri, sehingga mempermudah mereka dalam mencari kerja
(tidak perlu mencari dikoran).
· Dapat berfungsi juga sebagai media untuk
berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang
yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering
dengar sebagai online shop.
· Sebagai media hiburan contohnya game online,
jejaring sosial, streaming video, dll.
· Sebagai
media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan
sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan
biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya
tersebut bisa lebih diminimalisir.
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen
dalam new media terdiri dari tiga buah, yaitu:
· Produsen
Yaitu
sebagai pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat New
Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.
· Distributor
Yaitu
sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen.
· Konsumen
Yaitu
sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi
masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan
cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak.
Contohnya:
Handphone, komputer, internet, portable media player, video game/ game
komputer, virtual reality.
APLIKASI NEW
MEDIA
· Google, altavista, yahoo dan website
sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat
didalam website untuk mencari berita.
· CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai
website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai
pengganti koran/majalah.
· Youtube, seleb.tv, metacave dan website
sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya
sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
· Twitter, facebook, friendster dan website
sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana
komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
· Blog, merupakan suatu aplikasi web yang
berisikan tulisan-tulisan yang di publish pada sebuah halaman umum. Biasanya
blog berisikan konten-konten seperti teks, gambar, video, ataupun link. Isi
dari blog itu sendiri biasanya memiliki sudut pandang tertentu yang menjadikan
isi blog khas.
· BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang
menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan
materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
SUMBER:
http://theunitedreds.blogspot.com/2012/10/referensi-new-media.html
0 komentar:
Posting Komentar