PERUSAHAAN
ASURANSI. APA
YANG ANDA PIKIRKAN? ANDA MUNGKIN BERPIKIR DARI KANTOR RUANG BESAR DENGAN ORANG
DALAM bilik KERJA PADA KOMPUTER, BICARA PADA TELEPON, DAN BERPARTISIPASI DALAM
RAPAT. SEKARANG, MARI KITA MENGAMBIL LANGKAH KEDEPANNYA - APAKAH PERBEDAANNYA
DALAM, CARA ANDA MEMBAYANGKAN LIMA PERUSAHAAN ASURANSI YANG BERBEDA?
KELIHATANNYA, PERUSAHAAN PALING
TERLIHAT SEPERTI tak berwajah, BADAN PERUSAHAAN YANG LUAS, TANPA TERLALU BANYAK
MEMBEDAKAN MEREKA ANTARA SATU SAMA LAIN. TANPA IDENTITAS VISUAL, LOGO, ATAU
ICON, HAMPIR SETIAP PERUSAHAAN ATAU ORGANISASI AKAN TAMPAKNYA KELOMPOK UMUM.
IDENTITAS
VISUAL: APAKAH TUJUAN ITS?
Tujuan dasar dari identitas
visual adalah sama sebagai merek program untuk mengidentifikasi, membedakan,
dan membangun kehadiran yang berkelanjutan dan posisi di pasar, serta
menimbulkan kepercayaan pada merek atau kelompok.
DEFINISI
IDENTITAS VISUAL
Dalam pasar di seluruh dunia
yang kompetitif saat ini , dengan begitu banyak merek yang berbeda dalam setiap
kategori produk dan layanan , itu adalah keharusan bisnis untuk setiap
identitas merek untuk berkomunikasi dengan jelas dan konsisten . Demikian pula
, organisasi atau sosial penyebab membutuhkan identitas visual yang menarik dan
koheren .
Sebuah identitas visual adalah
artikulasi visual dan verbal merek atau kelompok , termasuk semua aplikasi
desain yang bersangkutan , seperti logo , kop surat , kartu nama , dan website
, antara aplikasi lain , juga disebut identitas merek , branding , dan
identitas perusahaan . Gambar 10-01 menunjukkan langsung visual yang diidentifi
er bahwa Crosby Associates dibuat Edward Jones untuk didasarkan pada simplifi
ed nama perusahaan .
Batu kunci dari setiap
identitas visual adalah logo , simbol identifikasi yang unik . Setiap kali
pemirsa melihat logo untuk sebuah merek, kelompok , atau sosial penyebab ,
penampil yang harus bisa segera mengenali dan mengidentifikasi entitas yang
diwakilinya . Sebuah logo dapat membawa nilai yang sangat besar untuk sebuah
merek , alasan sosial , atau perusahaan . Cukup memikirkan merek terkenal atau
kelompok dan logo mereka harus muncul dalam pikiran Anda , seperti logo 3M (
lihat Gambar 10-05 ) . Sebagai Milton Glaser menyatakan , " Sebuah logo
adalah titik masuk ke merek . "
Jenis
Identitas atau Branding Proyek Visual
> Perusahaan baru, produk,
layanan, atau kelompok
> Nama perubahan
> Revitalisasi tetap
relevan: desain ulang identitas visual yang ada telah mengingat
pasar
> Revitalisasi untuk
memastikan kesuksesan (lihat "Studi Kasus: Nickelodeon" dalam Bab 9)
> Reposisi: redesign logo
yang ada untuk redefi ne merek yang ada, bertujuan untuk khalayak yang berbeda,
atau untuk memposisikan merek untuk audiens baru
> Penggabungan dua merek
atau kelompok: logo baru dirancang untuk mewakili merger dan masih harus
dibayar ekuitas perusahaan atau kelompok yang membuang logo mereka sebelumnya
> Program Media Terpadu
untuk menetapkan konsistensi di seluruh aplikasi dan media
TUJUAN
AN IDENTITAS
Idealnya, sebuah identitas
visual mengkomunikasikan makna, nilai tambah, relevan dengan target pasarnya,
dan harus:
> Dikenali: Bentuk dan
bentuk yang diidentifi mampu dan dipahami.
> Memorable: Bentuk, bentuk,
dan warna yang suffi menciptakan kerjasama yang koheren, menarik, dan tidak
biasa.
> Ciri-ciri: Nama, bentuk,
bentuk, dan warna yang unik karakteristik untuk entitas itu dan membedakannya
dari kompetisi.
> Berkelanjutan: Nama,
bentuk, bentuk, dan warna akan bertahan, menjadi relevan untuk jangka waktu
tahun.
> Fleksibel / Dapat
diperluas: Nama, bentuk, bentuk, dan warna yang fleksibel fl untuk bekerja di
media, untuk tumbuh dengan layanan baru entitas, dan untuk beradaptasi dengan
ekstensi merek dan sub-merek.
MERANCANG
IDENTITAS VISUAL
Seperti halnya proyek desain,
proses standar untuk merancang identitas visual yang ditampilkan di sini:
Orientasi à Analisis à Konsep à Desain à Implementasi
Tergantung pada sifat dari
perusahaan ditugaskan untuk proyek identitas visual, mereka mungkin terlibat
dalam riset pasar, audit merek, audit kompetitif, pengaturan atau memperjelas
strategi yang ada, dan penamaan. Setelah orientasi dan analisis, desain
konseptual dimulai dan didasarkan pada strategi yang ditetapkan dalam singkat
(untuk informasi lebih lanjut tentang celana desain, lihat bagian pada proses
desain logo dalam bab ini dan Bab 4).
DESAIN
KONSEPTUAL
Konsep desain dipahami dengan
merek atau inti kelompok nilai / kualitas dan signifikansi signifikansi
(seperti yang dituturkan dalam membangun merek, kualitas atau posisi merek
"memiliki" terhadap kompetisi), visual dikomunikasikan melalui logo
dan identitas visual.
FIG. 10 /01
IDENTIFICATION AND BRANDING:
EDWARD JONES
• CROSBY ASSOCIATES, CHICAGO
• CLIENT: EDWARD D. JONES & CO.
• SYMBOL / STATIONERY AND PRESENTATION
FOLDER / ACCOUNT SUMMARY / BUSINESS
ENVELOPES
• CREATIVE DIRECTOR/ART DIRECTOR/
DESIGNER: BART CROSBY
• IDENTITY STANDARDS / SIGNAGE
• CREATIVE DIRECTOR/ART DIRECTOR:
BART CROSBY
• DESIGNERS: BART CROSBY, WHITNEY
WATERS
Edward
Jones adalah terkemuka
sumber daya
investasi untuk individu.
Tapi nama rumit
Edward
D. Jones & Co
bingung dengan
bersaing fi rms,
masalah yang
diperparah dengan
kurangnya
yang dikenali
visual yang diidentifi er.
Solusi Crosby
Associates 'adalah
program yang
komprehensif dibangun di atas
sebuah simplifi
ed nama Edward Jones dan
sama-sama
sederhana visual yang diidentifi er.
Program signage
untuk Edward
Jones harus khas,
costeffective,
dan cocok di
seluruh
berbagai
fasilitas, dari
kelas atas
bangunan perkotaan ce aparat fi rm ini
untuk yang lebih
dari 4.000 pejabat lokal ces,
banyak yang di
etalase
dan dikonversi
tinggal. itu
solusi adalah
dramatis
Sistem sederhana
tanda standar
jenis dan ukuran,
bersama dengan
pembentukan satu,
ondemand
menandatangani
manufaktur dan
sumber daya
instalasi.
—Crosby Associates
Sebuah logo memberitahu visual
terfokus cerita-makna disuling dan kemudian dikompresi menjadi unit-misalnya,
Wolff Olins menciptakan identitas visual yang mengungkapkan
"vitalitas" bagi Unilever (Gambar 10-02).
Desainer dan klien mereka
memberikan makna untuk logo. Hari ini, masyarakat "memiliki" merek
dan kelompok-meninjau mereka, blogging tentang mereka, bahkan membantu
membangun makna logo. Ini adalah masyarakat yang menafsirkan dan menerima (atau
menolak) apa yang signifi es. Sebuah sistem identitas visual atau program
branding, dan aplikasi lain dan upaya, mendukung penugasan makna dalam rangka
membangun konsensus. Tentu saja, makna berkembang, kadang-kadang secara alami
dengan usia, dengan perubahan di pasar, atau dengan revitalizations.
GAMBAR. 10 /02
LOGO: UNILEVER
• WOLFF OLINS, NEW YORK
• CLIENT: UNILEVER
FIG. 10 /03
IDENTITY AND CONFERENCE
MATERIALS: BIONEERS
CONFERENCE
• SUBSTANCE151, BALTIMORE
• CREATIVE DIRECTOR: IDA CHEINMAN
• DESIGNERS: IDA CHEINMAN, RICK
SALZMAN
• CLIENT: BALTIMORE BIONEERS (WWW
.CULTIVATINGCHANGE.ORG), BALTIMORE
Para
Bioneers Conference adalah
forum
multidisiplin praktis
solusi
untuk memulihkan Bumi
dan
penduduknya. Ini adalah berkembang
jaringan inovator visioner
dan
pemimpin pemikiran di sekitar
bangsa
bekerja untuk meningkatkan kesehatan
lingkungan
dan manusia
masyarakat
dengan membawa bersama-sama
alam,
budaya dan semangat.
—Substance151
Images:
• Baltimore Bioneers logo and
letterhead
• www.cultivatingchange.org
website
• “Baltimore Bioneers:
budidaya
Berubah. Solusi
Inspiring "
Konferensi brosur,
penyebaran,
dan cover
Seperti biasa , Anda mencari
wawasan yang akan menghasilkan sebuah konsep desain dan akan mendorong
desain Anda . Sebagai contoh,
pada Gambar 10-03 , Substance151 mengembangkan citra merek untuk Baltimore
Bioneers dengan mengidentifikasi apa yang mereka chiefl y tentang: "
menciptakan dunia yang berkelanjutan , menjadi tetangga yang lebih baik untuk
spesies lain , penyembuhan komunitas manusia , dan mengirim pesan harapan untuk
generasi masa depan . " Merancang identitas visual dimulai dengan logo ,
yang kita akan membahas sedikit kemudian dalam bab ini . Dasar elemen grafis
utama untuk desain identitas adalah warna, jenis , dan citra , yang akan
dibahas dalam desain logo . Font , bentuk, dan bentuk logo , karakteristik
visual dari logo , dan warna
palet akan menetapkan kerangka
kerja untuk seluruh identitas visual . Untuk Time Hotel , sebuah hotel yang
terletak di Times Manhattan Square dengan kamar kecil masing-masing dalam warna
dasar merah , kuning , atau biru , Mirko Ilic ' diposisikan alun-alun di "
H " sebagai referensi ke Times Square , dan merah kecil kamar hotel dalam
" H " sebagai simbol internasional untuk
Hotel ( Gambar 10-04 ) . Semua
aplikasi lain untuk identitas diikuti dari sana .
MENCIPTAKAN KOHERENSI MELINTASI
A IDENTITAS VISUAL ATAU PROGRAM BRANDING
Sebuah program strategis, Unifi
ed , dan solusi terintegrasi untuk merek atau kelompok , termasuk setiap desain
grafis dan aplikasi iklan untuk merek itu, menghasilkan pengalaman merek
harmonis bagi penontonnya . Sebuah pengalaman adalah pengalaman anggota audiens
individu karena ia berinteraksi dengan merek di setiap touchpoint . Sebuah
Unifi ed pengalaman merek adalah tujuan dari identitas 3M ( Gambar 10-05 ) .
" 3M adalah seorang penyelam SIFI perusahaan teknologi ed global yang
beroperasi di lebih dari 60 negara . Secara historis , identitas merek 3M
bervariasi menurut negara dan pasar .
Secara visual , melampaui logo
3M , tidak ada banyak untuk kuat menghubungkan upaya pemasaran perusahaan ,
" staf desain 3M menjelaskan . " 3M mencari cara untuk memaksimalkan
sumber daya pemasaran dan memperkuat pengenalan merek dengan membentuk satu
identitas yang menyediakan seluruh perusahaan satu wajah dan satu suara untuk
pelanggan secara global . "
GAMBAR. 10 /04
IDENTITY:
TIME HOTEL
• MIRKO
ILIC´ CORP., NEW YORK
• CLIENT: TIME HOTEL
GAMBAR.
10 /05
IDENTITY: 3M
• 3M CORPORATE STAFF
• CLIENT: 3M
• c 3M 2008 ALL RIGHTS RESERVED.
Semua
titik kontak dengan 3M
merek-iklan,
sastra,
kemasan,
website, pameran dagang
dan
bahkan kendaraan menggunakan ini
sistem
identitas. Hasilnya adalah
desain
dikenali yang berfokus
pesan-pesan
merek dan gambar
untuk
mengkomunikasikan nilai. baru
3M
identitas diluncurkan secara global
dan
digunakan di seluruh dunia
oleh 3M
komunikator dan kreatif
pemasok
mengadaptasi pesan
dengan
bahasa, budaya, pasar
dan
pelanggan.
-3M
GAMBAR.
10 /06
IDENTITY AND SIGNAGE: MICA
• PENTAGRAM, NEW YORK
• DESIGN: ABBOTT MILLER / PENTAGRAM
• PHOTOGRAPHERS: NANCY FROELICH;
JAMES SHANKS
• CLIENT: MARYLAND INSTITUTE OF
CONTEMPORARY ARTS
"MICA
adalah sekolah seni besar dengan
sejarah
yang kaya dan masa depan yang menarik, "
kata
Miller. "Identitas baru kami
refl
berefek patina sejarah yang
dengan
sejarah yang solid letterforms yang
dimainkan
off melawan modern
kerangka
linear. Ini campuran tua
dan
baru adalah referensi langsung ke
dua
bangunan utama sekolah,
Gedung
Utama dan Brown
Center-salah
satu yang sangat baru dan
salah
satu yang sangat
tua-yang
'berbicara' satu sama lain di seluruh
jalan
utama kampus. "
Bahkan,
itu adalah garis berirama
Gedung
Utama itu Beaux-Art
fasad
yang terinspirasi aturan-aturan yang
memisahkan
huruf yang baru
mark,
sedangkan yang terakhir, aturan miring
referensi
haluan kaca miring
dari
Brown Pusat kontemporer.
Bangunan
kampus juga mengilhami
warna
yang digunakan dalam identitas baru:
hijau
teroksidasi yang bersejarah
pagar
tembaga dan arsitektur
rincian,
dan coklat dan batu tulis, yang
warna
batu bangunan '
dan
batu bata.
—http://blog.pentagram.com/
2007/04/new-work-mica.php
" Proses ini adalah untuk
mengidentifikasi praktik terbaik yang ada berdasarkan ribuan taktik komunikasi
dibuat secara global dan mengisolasi gaya dan tata letak yang kontemporer ,
efektif dan dapat direplikasi di seluruh perusahaan dan di seluruh dunia .
Solusinya menjadi sistem desain yang dimulai dengan latar belakang putih dan
menerapkan montase horisontal dengan pesan yang kuat berlabuh untuk itu .
Montase dapat bervariasi dalam warna dan struktur tetapi selalu berisi gambar
orang , produk dan pola untuk membawa pesan montase untuk hidup . "
Menciptakan koherensi
memerlukan menenun benang merah atau suara - tampak seperti satu suara ,
seluruh pengalaman individu dengan merek untuk mengintegrasikan bahasa visual
dan verbal yang biasa menjadi semua pengalaman dengan merek. Ini mencakup
koordinasi atau harmonisasi semua elemen identitas visual seluruh pengalaman ,
seperti pada Gambar 10-06 , identitas dan signage oleh Abbott Miller /
Pentagram untuk MICA . " Akronim telah membuat jalan ke banyak publikasi ,
tapi tanpa ekspresi yang konsisten , "jelas Miller Abbott . " Tujuan
utama dari identitas baru adalah untuk memberikan tanda tangan grafis nitive
defi untuk akronim MICA , sebagai lembaga yang sepenuhnya mencakup moniker .
Dan mungkin yang paling penting , itu akan memberikan MICA dengan ekspresi
grafis yang jelas di panggung nasional dan internasional kegiatannya . "
Pertimbangan untuk membangun
koherensi visual dan lisan adalah sebagai berikut .
> Strategi : Semua lembaga ,
studio , dan desainer serta profesional kreatif lainnya bekerja pada aplikasi
merek harus mengikuti singkat master yang sama dan strategi dalam rangka
menciptakan solusi yang koheren dan harmonis . Semua solusi desain grafis harus
konsisten dengan strategi dan nilai-nilai dan memiliki suara merek yang sama .
> Tampilan dan Nuansa :
Merek tampilan dan nuansa adalah visual " sikap " yang berfungsi
untuk menciptakan minat visual yang unik dan membedakan merek dari kompetisi ,
diungkapkan melalui keterangan dari visualisasi dan komposisi (termasuk palet
warna , karakteristik dan kualitas garis , bentuk, dan tekstur , jenis huruf (
s ) , gambar , dan setiap
elemen visual lainnya ) .
> Kejelasan : Karena tujuan
utama dari grafis
desain adalah untuk
mengkomunikasikan pesan kepada audiens , menciptakan kejelasan merupakan salah
satu tujuan utama dari desain identitas visual . Kejelasan alat bantu
komunikasi . Semua bahasa - nama , deskripsi , slogan , judul , judul - harus
ditulis dengan kejelasan pesan
dalam pikiran . Untuk koherensi
visual yang / lisan (lihat " Sidebar : Identitas Coherence " ) ,
komponen umum di aplikasi merek adalah:
> Strategi
> Logo
> Tagline
> Penampilan dan perasaan
> Warna atau palet warna
> Typeface ( s )
> Singkatan dan judul
> Signature
> Nada suara
> Sikap citra dan copy
> Deskriptif menulis
Standar
identitas
Desainer grafis menciptakan
standar untuk penggunaan desain identitas dan logo pada semua aplikasi untuk
memastikan konsistensi dan pengakuan logo di media . Penggunaan konsisten
menjamin pengakuan langsung dalam lingkungan komersial berantakan dan menjamin
integritas makna (lihat " Sidebar : Identity Pedoman Penggunaan " ) .
Sebuah standar identitas
manual, juga disebut manual
standar grafis , set up pedoman untuk bagaimana logo adalah
untuk diterapkan ke berbagai
aplikasi - dari kartu bisnis untuk bahan point-of - pembelian untuk kendaraan
ke situs web. Palet warna , area isolasi ( jumlah ideal ruang sekitarnya logo )
, tanda tangan merek, dan penempatan adalah bagian dari kation spesifik .
Manual tersebut juga menyediakan berbagai kemungkinan dan pedoman untuk
penggunaan tipografi dalam berbagai kombinasi dan dalam berbagai aplikasi -
cetak, digital , dan lingkungan serta pedoman dalam memilih bobot , ukuran ,
angka , simbol , peluru , dan penggunaan topi kecil - untuk baik cetak dan
aplikasi elektronik . Semua desainer dan karyawan perusahaan yang memanfaatkan
logo perlu mengacu pada manual standar .
GAMBAR. 10 /07
IDENTITAS AND IDENTITAS MANUAL:
HUBBARD STREET DANCE
CHICAGO
• LISKA + ASSOCIATES, CHICAGO
• CREATIVE DIRECTOR: STEVE LISKA
• ART DIRECTOR: KIM FRY
• DESIGNERS: STEVE LISKA, CAROLE MASSE
• CLIENT: HUBBARD STREET DANCE
CHICAGO
• c LISKA + ASSOCIATES
Selama lebih dari 28 tahun , telah
membantu Liska
Hubbard Street Dance Chicago
defi ne dan berkembang merek mereka
dari
asal mereka sebagai kelompok tari
lokal
menjadi diakui dunia internasional
kinerja perusahaan dengan beberapa
unit bisnis . Sebagai Hubbard Jalan
tumbuh dalam ukuran , lingkup dan
pengakuan ,
kami telah mengembangkan identitas dan
program branding untuk refl ect
tingkat kecanggihan , energi, dan
penonton pengalaman dinamis
perusahaan memberikan.
Setiap musim , Liska desain
bahan yang menyajikan
dikenali Hubbard merek,
sementara juga menampilkan beragam
highlights dari musim baru .
Desain musiman kami menetapkan
arah merek visual dan lisan
untuk materi pemasaran Hubbard
yang diproduksi oleh beberapa
presenter internasional.
Sebagai bagian dari program ini, kami
sudah
mengembangkan pedoman merek online
yang digunakan secara global untuk
memastikan bahwa
perusahaan memproyeksikan konsisten
gambar dan pesan , bahkan ketika
beberapa presenter dan vendor
memproduksi materi pemasaran .
Desain ini terlihat diaplikasikan
program alat tulis , perusahaan
kemampuan brosur , dan
folder pemasaran.
- Liska + Associates
Gambar. 8/10
LOGO / DESAIN
PROGRAM: NASA
• Danne &
BLACKBURN INC (SEKARANG beroperasi lagi)
•
DESAIN DIREKTUR: RICHARD Danne
• KLIEN:
Penerbangan dan Antariksa Nasional
ADMINISTRASI,
WASHINGTON, DC
• BAHAN YANG
DISEDIAKAN OLEH
RICHARD Danne,
MITRA, Danne
DESAIN, NAPA, CA
• Sebuah BADAN
PEMERINTAH AS BERDEDIKASI
Aeronautika
PENELITIAN DAN RUANG EKSPLORASI,
NASA berkantor
pusat di Washington, DC, DENGAN
SEPULUH PUSAT
INDIVIDU DI BANGSA.
The
fi rm dari Danne & Blackburn Inc adalah
dipilih
untuk mengembangkan dan merancang
sebuah
Unifi ed visual yang
program
komunikasi untuk agen. itu
akronim
NASA lebih dikenal daripada baik
nama
lengkap atau simbol sebelumnya. membangun
ini,
logotype NASA dikembangkan. Sebuah sistem
ini
dirancang yang menggabungkan logotype dan
menetapkan
standar kerahasiaan gurations bagi badan penuh
nama
dan berbagai pusat. Program ini adalah
dihormati
dengan salah satu fi rst Penghargaan Presiden
untuk
Desain Excellence.
-Richard
Danne, Mitra, Danne Desain
Mempertahankan standar membantu
menjaga , memelihara, dan membangun ekuitas merek , seperti pada Gambar 10-07
dan Gambar 10-08 mengilustrasikan .
2 komentar:
Assalamu alaikum SOBAT......Maaf ya SOBAT saya mau jujur bahwa awalnya saya hanya mencoba-coba bermain togel karna saya terlilit hutang yang sangat banyak sekitar Rp 69 juta karna hutang saya banyak akhirnya saya mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama islam apa boleh buat nasi sudah jadi bubur dan akhirnya saya menemukan seorang dukun yang ternyata alhamdulillah dan dengan seisin gusti Allah dengan lantaran bantuan MBAH KASENG kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya karna itu semua berkat bantuan MBAH KASENG dengan waktu yang singkat saya sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup kita menjadi kaya buktinya angka penberian MBAH 4D nya tembus alhamdulillah saya menang.. dan saya menang sebanyak Rp 175 juta dan alhamdulillah semua hutang-hutang saya sudah bisa terlunasih juga jadi bagi anda yang pengen menang angka dan mau membuktikan angka MBAH KASENG silahkan hubungi beliau di 0823-1434-8847 karna saya sudah menbuktikannya,trima kasih
Assalamu alaikum SOBAT......Maaf ya SOBAT saya mau jujur bahwa awalnya saya hanya mencoba-coba bermain togel karna saya terlilit hutang yang sangat banyak sekitar Rp 69 juta karna hutang saya banyak akhirnya saya mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama islam apa boleh buat nasi sudah jadi bubur dan akhirnya saya menemukan seorang dukun yang ternyata alhamdulillah dan dengan seisin gusti Allah dengan lantaran bantuan MBAH KASENG kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya karna itu semua berkat bantuan MBAH KASENG dengan waktu yang singkat saya sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup kita menjadi kaya buktinya angka penberian MBAH 4D nya tembus alhamdulillah saya menang.. dan saya menang sebanyak Rp 175 juta dan alhamdulillah semua hutang-hutang saya sudah bisa terlunasih juga jadi bagi anda yang pengen menang angka dan mau membuktikan angka MBAH KASENG silahkan hubungi beliau di 0823-1434-8847 karna saya sudah menbuktikannya,trima kasih
Assalamu alaikum SOBAT......Maaf ya SOBAT saya mau jujur bahwa awalnya saya hanya mencoba-coba bermain togel karna saya terlilit hutang yang sangat banyak sekitar Rp 69 juta karna hutang saya banyak akhirnya saya mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama islam apa boleh buat nasi sudah jadi bubur dan akhirnya saya menemukan seorang dukun yang ternyata alhamdulillah dan dengan seisin gusti Allah dengan lantaran bantuan MBAH KASENG kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya karna itu semua berkat bantuan MBAH KASENG dengan waktu yang singkat saya sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup kita menjadi kaya buktinya angka penberian MBAH 4D nya tembus alhamdulillah saya menang.. dan saya menang sebanyak Rp 175 juta dan alhamdulillah semua hutang-hutang saya sudah bisa terlunasih juga jadi bagi anda yang pengen menang angka dan mau membuktikan angka MBAH KASENG silahkan hubungi beliau di 0823-1434-8847 karna saya sudah menbuktikannya,trima kasih
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
Posting Komentar